Web analytics

Posted by permass On Kamis, 28 Januari 2010 1 komentar

Web analytics adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internet untuk tujuan pemahaman dan mengoptimalkan penggunaan web.

Web analytics bukan hanya sebuah alat untuk mengukur lalu lintas situs Web, namun dapat digunakan sebagai alat untuk penelitian bisnis dan riset pasar. Analisis Web aplikasi dapat juga membantu perusahaan mengukur hasil kampanye iklan cetak tradisional. Ini membantu orang untuk memperkirakan bagaimana lalu lintas ke situs web berubah setelah peluncuran kampanye iklan baru. Web analytics menyediakan data tentang jumlah pengunjung, tampilan halaman dll untuk mengukur popularitas situs yang akan membantu untuk melakukan riset pasar.

Ada dua kategori analisis Web; off-site dan on-site web analytics.

Off-site web analisis mengacu pada pengukuran dan analisis web tidak peduli apakah Anda sendiri atau mempertahankan sebuah website. Ini mencakup pengukuran potensi sebuah situs web penonton (kesempatan), berbagi suara (visibilitas), dan buzz (komentar) yang terjadi di Internet secara keseluruhan.

On-site web analytics mengukur perjalanan sekali pengunjung di website Anda. Ini termasuk yang driver dan konversi, misalnya halaman arahan yang mendorong orang untuk melakukan pembelian. On-site analisis Web mengukur kinerja situs dalam konteks komersial. Data ini biasanya dibandingkan terhadap indikator kinerja kunci kinerja, dan digunakan untuk meningkatkan situs web atau kampanye pemasaran respons penonton.

Secara historis, analisis Web telah disebut di-pengukuran pengunjung situs. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini telah kabur, terutama karena vendor yang memproduksi alat-alat yang span kedua kategori.

On-site web analytics teknologi

Banyak vendor yang berbeda memberikan on-site perangkat lunak analisis Web dan layanan. Ada dua pendekatan teknologi utama untuk mengumpulkan data. Metode pertama, analisis logfile, membaca logfiles di mana server web catatan semua transaksi. Metode kedua, tag halaman, menggunakan JavaScript pada setiap halaman untuk memberitahukan pihak ketiga server jika suatu halaman yang diberikan oleh browser web. Keduanya mengumpulkan data yang dapat diolah untuk menghasilkan laporan lalu lintas Web.

Selain itu sumber data lain juga dapat ditambahkan untuk menambah data. Misalnya e-mail tingkat respons, data kampanye surat langsung, penjualan dan memimpin informasi, kinerja pengguna data seperti panas klik pemetaan, atau metrik kustom lainnya yang diperlukan.
Web server logfile analisis

Web server mencatat beberapa transaksi mereka dalam sebuah logfile. Itu segera menyadari bahwa logfiles ini dapat dibaca oleh program untuk menyediakan data tentang popularitas website. Dengan demikian muncul perangkat lunak analisis web log.

Pada awal 1990-an, statistik situs web terdiri terutama dari menghitung jumlah permintaan klien (atau hits) dibuat ke web server. Ini adalah metode yang masuk akal pada awalnya, karena setiap situs web biasanya terdiri dari satu file HTML. Namun, dengan pengenalan gambar dalam HTML, dan situs web yang membentang beberapa file HTML, menghitung ini menjadi kurang bermanfaat. Komersial yang pertama Log Analyzer dirilis oleh IPRO pada tahun 1994.

Dua unit pengukuran diperkenalkan pada pertengahan tahun 1990-an untuk mengukur secara lebih akurat jumlah aktivitas manusia pada web server. Ini adalah tampilan halaman dan dilihat (atau sesi). Sebuah tampilan halaman didefinisikan sebagai permintaan yang dibuat ke web server untuk sebuah halaman, sebagai lawan dari grafis, sedangkan kunjungan didefinisikan sebagai urutan permintaan dari klien yang diidentifikasi secara unik kedaluwarsa setelah jumlah tertentu tidak aktif, biasanya 30 menit . Halaman pandangan dan kunjungan umumnya masih ditampilkan metrik, namun sekarang dianggap lebih canggih pengukuran.

Munculnya search engine spider dan robot pada akhir tahun 1990-an, bersama dengan web proxy dan alamat IP yang ditetapkan secara dinamis untuk perusahaan besar dan ISP, membuatnya lebih sulit untuk mengidentifikasi manusia unik pengunjung ke sebuah website. Log analyzer menanggapi dengan melacak kunjungan oleh cookie, dan dengan mengabaikan permintaan dari laba-laba dikenal.

Ekstensif menggunakan web cache juga disajikan masalah bagi analisis logfile. Jika seseorang mengunjungi kembali halaman, permintaan kedua biasanya akan diambil dari cache browser, jadi tak ada permintaan akan diterima oleh server web. Ini berarti bahwa orang jalan melalui situs tersebut hilang. Caching bisa dikalahkan dengan mengkonfigurasi server web, tetapi hal ini dapat mengakibatkan kinerja yang rusak pengunjung ke situs web.


Tag halaman

Keprihatinan mengenai akurasi dari analisis logfile di hadapan caching, dan keinginan untuk dapat melakukan analisis web sebagai sebuah layanan outsource, menyebabkan kedua metode pengumpulan data, halaman penandaan atau "web bug".

Pada pertengahan 1990-an, Web counters itu sering dilihat - ini adalah gambar dimasukkan ke dalam halaman web yang menunjukkan berapa kali gambar telah diminta, yang merupakan perkiraan jumlah kunjungan ke halaman tersebut. Pada akhir tahun 1990-an konsep ini berkembang untuk memasukkan gambar yang tidak terlihat kecil daripada yang terlihat, dan, dengan menggunakan JavaScript, menyampaikan permintaan gambar dengan informasi tertentu tentang halaman dan pengunjung. Informasi ini kemudian dapat diproses secara remote oleh perusahaan analisis web, dan statistik luas yang dihasilkan.

Layanan analisis web juga mengelola proses untuk menempatkan cookie kepada pengguna, yang dapat secara unik mengidentifikasi mereka selama kunjungan mereka dan pada kunjungan berikutnya. Tingkat penerimaan cookie bervariasi secara signifikan antara situs web dan dapat mempengaruhi kualitas data yang dikumpulkan dan dilaporkan.

Pengumpulan data menggunakan situs web pihak ketiga pengumpulan data server (atau bahkan sebuah rumah dalam pengumpulan data-server) memerlukan tambahan DNS melihat-up oleh pengguna komputer untuk menentukan alamat IP dari server koleksi. Pada kesempatan itu, penundaan dalam menyelesaikan sukses atau gagal DNS look-up dapat menyebabkan data tidak dikumpulkan.

Dengan meningkatnya popularitas solusi berbasis Ajax, alternatif penggunaan gambar yang tidak terlihat, adalah untuk melaksanakan panggilan kembali ke server dari halaman yang diberikan. Dalam kasus ini, saat halaman ditampilkan di web browser, sepotong kode Ajax akan menelepon kembali ke server dan menyampaikan informasi tentang klien yang dapat dikumpulkan oleh perusahaan analisis web. Ini adalah cacat dalam beberapa hal oleh browser pembatasan pada server yang dapat dihubungi dengan objek XMLHttpRequest.


Analisis logfile tag halaman vs

Kedua analisis logfile program dan solusi tag halaman sudah tersedia untuk perusahaan yang ingin melakukan analisis Web. Dalam beberapa kasus, perusahaan analisis web yang sama akan menawarkan kedua pendekatan tersebut. Pertanyaan yang kemudian muncul dari metode mana perusahaan harus memilih. Ada beberapa keuntungan dan kerugian untuk masing-masing pendekatan.


Keuntungan dari analisis logfile

Keuntungan utama dari analisis logfile tag halaman atas adalah sebagai berikut:

* Webserver biasanya sudah menghasilkan logfiles, sehingga data mentah sudah tersedia. Untuk mengumpulkan data melalui tag halaman membutuhkan perubahan ke situs web.
* Data tersebut di server perusahaan itu sendiri, dan berada dalam standar, bukan berpemilik, format. Hal ini membuat mudah bagi perusahaan untuk beralih program kemudian, menggunakan beberapa program yang berbeda, dan menganalisa data historis dengan program baru. Halaman solusi Penandaan melibatkan vendor lock-in.
* Logfiles berisi informasi tentang kunjungan dari search engine spider. Meskipun ini tidak boleh dilaporkan sebagai bagian dari aktivitas manusia, maka informasi yang berguna untuk optimasi mesin pencari.
* Logfiles tidak memerlukan tambahan DNS lookups. Jadi tidak ada panggilan server eksternal yang dapat memperlambat kecepatan buka halaman, atau hasil dalam tampilan halaman tak terhitung.
* Webserver terpercaya catatan setiap transaksi itu membuat. Tag halaman mungkin tidak dapat merekam semua transaksi. Alasan mencakup:
o Page penandaan bergantung pada pengunjung 'browser ko-operasi, yang proporsi tertentu tidak boleh dilakukan (misalnya, jika JavaScript dinonaktifkan, atau file host melarang kunjungan ke server tertentu).
o Tag dapat dihilangkan dari halaman-halaman baik dengan pengawasan atau antara buti tag halaman tambahan.
O mungkin tidak dapat memasukkan tag di semua halaman. Contohnya termasuk konten statis, seperti PDF atau aplikasi-halaman dinamis yang dihasilkan di mana re-engineering aplikasi untuk menyertakan tag bukanlah pilihan.


Keuntungan tag halaman

Keuntungan utama dari logfile tag halaman analisis adalah sebagai berikut.

* Menghitung diaktifkan dengan membuka halaman, tidak meminta dari server. Jika halaman di-cache, itu tidak akan dihitung oleh server. Cache halaman rekening bisa sampai sepertiga dari semua tampilan halaman. Tidak termasuk halaman cache situs serius skews banyak metrik. Itu untuk alasan ini berbasis server analisis log tidak dianggap cocok untuk analisis aktivitas manusia di website.
* Data dikumpulkan melalui sebuah komponen ( "tag") di halaman, biasanya ditulis dalam JavaScript, Jawa meskipun dapat digunakan, dan semakin Flash yang digunakan.
* Lebih mudah untuk menambahkan informasi tambahan untuk tag, yang kemudian dapat dikumpulkan oleh server jauh. Sebagai contoh, informasi tentang pengunjung ukuran layar, atau harga barang yang dibeli, dapat ditambahkan dengan cara ini. Dengan analisis logfile, informasi yang tidak biasanya dikumpulkan oleh server web hanya dapat direkam oleh memodifikasi URL.
* Halaman penandaan dapat melaporkan peristiwa yang tidak melibatkan permintaan ke web server, seperti interaksi dalam film Flash, bentuk penyelesaian parsial, tikus acara-acara seperti onClick, onMouseOver, onFocus, onBlur dll
* Halaman mengelola layanan penandaan proses untuk menempatkan cookie untuk pengunjung; dengan analisis logfile, server harus dikonfigurasi untuk melakukan hal ini.
* Halaman Penandaan tersedia bagi perusahaan-perusahaan yang tidak memiliki akses ke web server mereka sendiri.


Faktor-faktor ekonomi

Analisis logfile hampir selalu dilakukan di rumah. Halaman penandaan dapat dilakukan di rumah, tetapi lebih sering disediakan sebagai layanan pihak ketiga. Perbedaan ekonomi antara dua model ini juga dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan yang memutuskan untuk membeli.

* Analisis logfile biasanya melibatkan satu kali pembelian perangkat lunak, namun, beberapa vendor memperkenalkan tahunan maksimum tampilan halaman dengan biaya tambahan untuk memproses informasi tambahan. Selain persembahan komersial, beberapa sumber-terbuka logfile alat analisis yang tersedia secara gratis.
* Untuk analisis logfile Anda harus menyimpan dan arsip data Anda sendiri, yang sering tumbuh cepat sangat besar. Meskipun biaya hardware untuk melakukan ini adalah minimal, yang overhead untuk departemen TI dapat dipertimbangkan. Misalnya, jika Anda kehabisan ruang disk database Anda dapat memulai menulis entri tua yang seringkali dapat diperbaiki.
* Untuk analisis logfile anda perlu memelihara perangkat lunak, termasuk pembaruan dan patch keamanan.
* Tag halaman Kompleks vendor mengenakan biaya bulanan yang didasarkan pada volume yaitu jumlah tampilan halaman per bulan dikumpulkan.

Solusi yang lebih murah untuk mengimplementasikan tergantung pada jumlah keahlian teknis di dalam perusahaan, para vendor yang dipilih, jumlah aktivitas dilihat pada situs web, kedalaman dan jenis informasi yang dicari, dan jumlah situs web yang berbeda membutuhkan statistik.

Terlepas dari solusi vendor atau metode pengumpulan data yang digunakan, biaya web analisis dan interpretasi pengunjung juga harus disertakan. Artinya, biaya mengubah data mentah menjadi informasi yang ditindaklanjuti. Ini dapat dari penggunaan konsultan pihak ketiga, yang mempekerjakan analis web yang berpengalaman, atau pelatihan yang sesuai di rumah orang. Sebuah analisis biaya-manfaat kemudian dapat dilakukan. Sebagai contoh, apa yang meningkatkan pendapatan atau penghematan biaya dapat diperoleh dengan menganalisis data pengunjung web?


Metode Hybrid

Beberapa perusahaan kini memproduksi program yang mengumpulkan data melalui kedua logfiles dan penandaan halaman. Dengan menggunakan metode hibrida, mereka bertujuan untuk menghasilkan statistik yang lebih akurat daripada metode sendiri. Solusi Hybrid pertama diproduksi pada tahun 1998 oleh Rufus Evison yang kemudian berputar produk untuk menciptakan sebuah perusahaan yang berbasis pada peningkatan akurasi metode hibrida


Pengunjung Geolocation

Dengan IP geolocation, adalah mungkin untuk melacak pengunjung lokasi. Menggunakan IP geolocation database atau API, pengunjung dapat geolocated ke kota, wilayah atau tingkat negara


Click analytics

Click analytics adalah tipe khusus analisis Web yang memberikan perhatian khusus untuk klik (Point-and-click). Menurut Google Analytics, " 'Klik' mengacu pada satu contoh dari pengguna mengikuti hyperlink dari satu halaman di situs ke situs lainnya". Definisi ini akurat terutama ketika berbicara tentang klik analisis.

Umumnya, klik pada berfokus pada analisis-analisis situs. Editor situs web menggunakan klik analisis untuk menentukan kinerja nya situs tertentu, berkaitan dengan di mana pengguna situs mengklik.

Juga, klik analisis mungkin terjadi real-time atau "tidak nyata"-waktu, tergantung pada jenis informasi yang dicari. Biasanya, halaman depan editor pada lalu lintas yang tinggi situs media berita akan ingin untuk memantau halaman mereka secara real-time, untuk mengoptimalkan konten. Editor, desainer atau jenis lain stakeholder dapat menganalisis klik pada kerangka waktu yang lebih luas untuk membantu mereka menilai kinerja dari penulis, elemen desain atau iklan dll

Data tentang klik dapat dikumpulkan dalam setidaknya dua cara. Idealnya, sebuah klik adalah "login" ketika itu terjadi, dan metode ini memerlukan beberapa fungsi yang mengambil informasi yang relevan ketika peristiwa terjadi. Atau, salah satu lembaga mungkin asumsi bahwa tampilan halaman adalah hasil dari sebuah klik, dan karenanya log simulasi klik yang mengarah ke halaman tampilan.


Metode lain

Metode lain pengumpulan data kadang-kadang digunakan. Paket sniffing oleh mengendus mengumpulkan data lalu lintas jaringan yang lewat di antara web server dan dunia luar. Packet sniffing tidak melibatkan perubahan pada halaman web atau web server. Mengintegrasikan analisis Web ke perangkat lunak server web itu sendiri juga mungkin. Kedua metode ini mengklaim untuk menyediakan real-time lebih baik data dibandingkan metode lainnya.


Kunci definisi

Tidak ada definisi yang disepakati secara global dalam analisis web sebagai industri jenazah telah berusaha untuk setuju definisi yang berguna dan definitif untuk beberapa waktu. Badan-badan utama yang telah masukan di daerah ini telah Jicwebs (Komite Industri Web Standards) / ABCe (Biro Audit sirkulasi elektronik, Inggris dan Eropa), The Waa (Web Analytics Association, US) dan untuk tingkat yang lebih rendah IAB (Interactive Advertising Bureau). Ini tidak mencegah dari daftar berikut sebagai panduan yang berguna, menderita hanya sedikit dari ambiguitas. Baik waa dan menyediakan lebih definitif ABCe daftar bagi mereka yang menyatakan statistik mereka menggunakan metrik yang didefinisikan dengan baik.

* Hit - Permintaan untuk file dari web server. Hanya tersedia di analisis log. Jumlah hit yang diterima oleh sebuah situs web yang sering dikutip untuk menyatakan popularitasnya, tetapi jumlah ini sangat menyesatkan dan secara dramatis selama-perkiraan popularitas. Sebuah web-page biasanya terdiri dari beberapa (seringkali lusinan) file diskrit, yang masing-masing dihitung sebagai hit seperti halaman di-download, sehingga jumlah hits adalah benar-benar jumlah yang sewenang-wenang lebih mencerminkan kompleksitas di setiap halaman website daripada popularitas situs sebenarnya. Jumlah pengunjung atau memberikan tampilan halaman yang lebih realistis dan akurat penilaian popularitas.
* Page view - Permintaan untuk tipe file yang didefinisikan sebagai halaman dalam analisis log. Sebuah kejadian dari script yang dijalankan dalam tag halaman. Dalam analisis log, satu tampilan halaman dapat menghasilkan beberapa hit seperti semua sumber daya yang diperlukan untuk melihat halaman (gambar,. Js dan. Css file) juga diminta dari server web.
* Kunjungi / Session - Kunjungan didefinisikan sebagai serangkaian halaman yang sama permintaan dari klien diidentifikasi secara unik dengan waktu tidak lebih dari 30 menit di antara setiap permintaan halaman. Sebuah sesi didefinisikan sebagai serangkaian halaman yang sama permintaan dari klien diidentifikasi secara unik dengan waktu tidak lebih dari 30 menit dan tidak ada permintaan halaman dari domain lain campur tangan antara permintaan halaman. Dengan kata lain, sesi berakhir ketika seseorang pergi ke situs lain, atau 30 menit berlalu antara tampilan halaman, manapun yang lebih dulu. Kunjungan berakhir hanya setelah 30 menit waktu tunda. Jika seseorang meninggalkan sebuah situs, kemudian kembali dalam waktu 30 menit, ini akan dihitung sebagai satu kali kunjungan tapi dua sesi. Pada prakteknya, kebanyakan sistem sesi mengabaikan dan banyak analis menggunakan kedua istilah untuk dilihat. Karena waktu antara tampilan halaman sangat penting untuk definisi kunjungan dan sesi, satu pun peristiwa tampilan halaman tidak merupakan kunjungan atau sesi (itu adalah "bounce").
* Kunjungan Pertama / First Session - Kunjungan dari pengunjung yang belum membuat kunjungan sebelumnya.
* Pengunjung / Unique Visitor / Unik Pengguna - Para klien diidentifikasi secara unik menghasilkan permintaan di web server (analisis log) atau melihat halaman (tag halaman) dalam jangka waktu yang ditetapkan (yaitu hari, minggu atau bulan). Pengunjung Unik dihitung kali dalam skala waktu. Seorang pengunjung dapat membuat beberapa kunjungan. Identifikasi dibuat ke komputer pengunjung, bukan orang, biasanya melalui cookie dan / atau IP + User Agent. Jadi orang yang sama berkunjung dari dua komputer yang berbeda akan dihitung sebagai dua Unique Visitors. Semakin pengunjung unik diidentifikasi oleh LSO Flash's (Long Storage Objects), yang kurang rentan terhadap penegakan privasi.
* Ulangi Pengunjung - Seorang pengunjung yang telah membuat setidaknya satu kunjungan sebelumnya. Periode antara kunjungan terakhir dan saat ini disebut pengunjung kemutakhiran dan diukur dalam hari.
* Pengunjung Baru - Seorang pengunjung yang belum membuat kunjungan sebelumnya. Definisi ini menciptakan sejumlah kebingungan , dan kadang-kadang diganti dengan analisis kunjungan pertama.
* Tayangan - Sebuah kesan setiap kali beban iklan pada layar pengguna. Setiap kali Anda melihat sebuah spanduk, yang merupakan kesan.
* Singletons - Jumlah kunjungan di mana hanya satu halaman yang dilihat. Meskipun tidak metrik yang berguna dalam dirinya sendiri dan jumlah lajang merupakan indikasi dari berbagai bentuk penipuan Klik juga digunakan untuk menghitung tingkat bouncing dan dalam beberapa kasus untuk mengidentifikasi automaton bot).
* Tingkat Bouncing - Persentase kunjungan di mana pengunjung masuk dan keluar pada halaman yang sama tanpa mengunjungi halaman lain di situs di antaranya.
*% Keluar - Persentase dari pengguna yang keluar dari halaman.
* Visibility waktu - The time satu halaman (atau sebuah blog, Iklan Banner ...) adalah dilihat.
* Sesi Durasi - Rata-rata jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung di situs setiap kali mereka kunjungi. Metrik ini dapat menjadi rumit oleh fakta bahwa program analisis tidak dapat mengukur panjang akhir tampilan halaman [8].
* Page View Duration / Waktu pada Halaman - Rata-rata jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung di setiap halaman situs. Seperti Sesi Durasi, metrik ini diperumit oleh kenyataan bahwa program analisis tidak dapat mengukur panjang tampilan halaman akhir kecuali mereka halaman dekat merekam peristiwa, seperti onUnload.
* Active Time / Engagement Sisa - Rata-rata jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung benar-benar berinteraksi dengan konten pada halaman web, yang didasarkan pada gerakan mouse, klik, melayang-layang dan gulungan. Berbeda Sesi Durasi dan Page View Duration / Waktu pada Halaman, metrik ini dapat secara akurat mengukur panjang keterlibatan dalam tampilan halaman terakhir.
* Halaman Depth / Page Views per Session - Halaman Tingkatan adalah jumlah rata-rata tampilan halaman pengunjung mereka mengkonsumsi sebelum mengakhiri sesi. Hal ini dihitung dengan membagi jumlah total tampilan halaman dengan total jumlah sesi dan juga disebut Page Views per Sesi atau PV / Session.
* Frekuensi / Session per Unik - Frekuensi mengukur seberapa sering pengunjung datang ke sebuah website. Hal ini dihitung dengan membagi total jumlah sesi (atau dilihat) dengan total jumlah pengunjung unik. Kadang-kadang digunakan untuk mengukur kesetiaan audiens Anda.
* Klik path - urutan hyperlink satu atau lebih pengunjung situs berikut pada situs tertentu.
* Klik - "mengacu pada satu contoh dari pengguna mengikuti hyperlink dari satu halaman di situs ke situs lainnya". Sebuah komunitas yang sedang berkembang situs web editor menggunakan analisis klik untuk menganalisis situs web mereka.
* Tampilan Situs adalah suatu teknik di mana grafik statistik yang ditampilkan di samping setiap link pada halaman web. Statistik ini mewakili persentase klik pada setiap link.

Semoga artikel Web analytics bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,tolong bagikan melalui:
Follow Us
Creative Commons License
Artikel di blog Permass menggunakan lisensi Creative Commons Attribution 3.0 Unported License. Diizinkan untuk mengutip atau menyebarkan sebagian atau seluruh isi blog ini, asal menyertakan link sumbernya. Support CC

+ komentar + 1 komentar

Anonim
3 Mei 2010 09.56

kebetulan kmaren saya dapet tugas mengenai web analytics tool, jadi saya gunakan tulisan ini sebagai salah satu refferensi, thanxz..

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Web analytics

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog Permass, silahkan meninngalkan komentar Anda agar Saya bisa berkunjung balik ke blog Anda.

Terimakasih, Salam Blogger

?